Minggu, 26 Juli 2015

Menghitung Luas & Keliling Menggunakan Menu (SWITCH, CASE, WHILE)

#include <iostream.h>
#include <conio.h>

void main()
{
    int sisi, sisi_a, sisi_b, sisi_c, panjang, lebar, alas, tinggi;
    float jari_jari, luas, keliling;
    int pilih;
    char ulang = "y";
   
    do
    {
        clrscr();
        cout<<"Program Menghitung Luas dan Keliling\n";
        cout<<"\n 1. Menghitung Luas dan Keliling Bujur Sangkar";
        cout<<"\n 2. Menghitung Luas dan Keliling Persegi Panjang";
        cout<<"\n 3. Menghitung Luas dan Keliling Segitiga";
        cout<<"\n 4. Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran";
       
        cout<<"\n\n Masukkan Pilihan Anda [1-4] = ";
        cin>>pilih;
       
        switch (pilih)
        {
            Case 1 :
            {
                clrscr();
                cout<<"Menghitung Luas dan Keliling Bujur Sangkar"<<endl;
                cout<<" >> Luas Bujur Sangkar"<<endl;
                cout<<"Sisi = ";
                cin>>sisi;
                luas = sisi*sisi;
                cout<<"Luas = "<<luas;
               
                cout<<"\n\n>> Kelilling Bujur Sangkar"<<endl;
                cout<<"Sisi = ";
                cin>>sisi;
                keliling = 4*sisi;
                cout<<"Keliling = "<<keliling;
                cout<<"\n\n Tekan <y> untuk kembali ke menu.";
                getch();
            }
            break;
           
            Case 2 :
            {
                clrscr();
                cout<<"Menghitung Luas dan Keliling Persegi Panjang"<<endl;
                cout<<" >> Luas Panjang"<<endl;
                cout<<"Panjang = ";
                cin>>panjang;
                cout<<"Lebar = ";
                cin>>lebar;
                luas = panjang*lebar;
                cout<<"Luas = "<<luas;
               
                cout<<"\n\n>> Kelilling Persegi Panjang"<<endl;
                cout<<"Panjang = ";
                cin>>panjang;
                cout<<"Lebar = ";
                cin>>lebar;
                keliling = 2*(panjang + lebar);
                cout<<"Keliling = "<<keliling;
                cout<<"\n\n Tekan <y> untuk kembali ke menu.";
                getch();
            }
            break;
           
            Case 3 :
            {
                clrscr();
                cout<<"Menghitung Luas dan Keliling Segitiga"<<endl;
                cout<<" >> Luas Segitiga"<<endl;
                cout<<"Alas = ";
                cin>>alas;
                cout<<"Tinggi = ";
                cin>>tinggi;
                luas = alas*tinggi/2;
                cout<<"Luas = "<<luas;
               
                cout<<"\n\n>> Kelilling Segitiga"<<endl;
                cout<<"Sisi_a = ";
                cin>>sisi_a;
                cout<<"Sisi_b = ";
                cin>>sisi_b;
                cout<<"Sisi_c = ";
                cin>>sisi_c;
                keliling = sisi_a + sisi_b + sisi_c;
                cout<<"Keliling = "<<keliling;
                cout<<"\n\n Tekan <y> untuk kembali ke menu.";
                getch();
            break;
           
            Case 4 :
            {
                clrscr();
                cout<<"Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran"<<endl;
                cout<<" >> Luas Panjang"<<endl;
                cout<<"Jari_jari = ";
                cin>>jari_jari;
                luas = 3.14 + jari_jari + jari_jari;
                cout<<"Luas = "<<luas;
               
                cout<<"\n\n>> Kelilling Lingkaran"<<endl;
                cout<<"Jari_jari = ";
                cin>>jari_jari;
                keliling = 2*3.14*jari_jari;
                cout<<"Keliling = "<<keliling;
                cout<<"\n\n Tekan <y> untuk kembali ke menu.";
                getch();
            }
            break;
           
            default:
            {
                clrscr();
                cout<<"Pilihan Tidak Ada!!!";
                cout<<"\n\n Tekan <y> untuk kembali ke menu.";
                getch();
            }
            break;
        }
    }
    while (ulang == "Y" || ulang == "y");
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar